Bukan Cuma Furnitur, Kayu Juga Bisa Dibuat Jadi Ragam Kreasi Menarik
Jumat, 2 Oktober 2020
read page
Penulis : Anissa Dea Widiarini Editor : Sri Noviyanti

Kayu merupakan salah satu bahan yang lazim digunakan untuk membuat berbagai furnitur atau perabot rumah tangga, mulai dari meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. 

Meskipun tingkat kesulitan pembuatannya cukup tinggi, material kayu digunakan karena bernilai tinggi, lebih kuat, dan awet. 

Furnitur yang terbuat dari kayu jati asli Indonesia, misalnya, bisa bertahan selama 50-70 tahun jika dirawat dengan tepat. 

Selain furnitur, kayu juga bisa dikreasikan menjadi berbagai benda yang tidak kalah bagus dan bermanfaat. Berikut empat di antaranya. 

1. Alat makan

Belakangan ini alat-alat makan yang terbuat dari kayu kembali jadi tren. Bukan hanya sendok dan garpu, alat makan lain, seperti piring, mangkuk, sumpit, hingga kotak makan juga ada yang terbuat dari kayu. 

Alat-alat makan dari kayu itu dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berulang kali dan didaur ulang. Tampilannya juga lebih unik, natural, dan estetis sehingga  cocok digunakan sebagai properti untuk foto atau video. 

Satu hal yang harus diingat jika ingin membeli alat makan berbahan kayu.  Pastikan, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya sudah memiliki kualifikasi food grade atau aman jika bersentuhan dengan makanan dan minuman. 

2. Casing handphone

Jenis bahan untuk membuat casing handphone ternyata tidak terbatas pada plastik, silikon atau mika. Kayu juga bisa dijadikan sebagai pelindung gadget dan membuat tampilannya berbeda. 

Apalagi, setiap kayu punya warna dan serat khas. Meski berasal dari jenis kayu yang sama, tampilan yang dihasilkan bisa berbeda satu sama lain. 

Tak hanya menampilkan serat alami kayu, casing handphone berbahan kayu juga bisa diukir dengan berbagai gambar atau desain. 

3. Kalender kayu

Lazimnya kalender penunjuk tanggal dan tahun terbuat dari kertas. Nyatanya ada juga kalender yang terbuat dari kayu. 

Bukan hanya pengingat tanggal, kalender dari kayu juga bisa dijadikan dekorasi rumah, hadiah, atau suvenir acara.

Berbeda dengan kalender biasa, kalender berbahan kayu itu bisa digunakan seumur hidup alias bisa tetap dipakai meskipun tahun sudah berganti. Hal ini karena kebanyakan kalender kayu dibuat tanpa mencantumkan tahun. 

4. Rak untuk pot tanaman

Kayu bekas yang sudah tidak terpakai ternyata bisa dikreasikan menjadi barang yang memiliki fungsi lebih. Anda bisa membuat rak susun sebagai tempat menyimpan pot-pot tanaman hias di rumah. 

Cukup rakit kayu bekas menjadi kotak atau rak susun kemudian beri plitur atau pernis kayu sebagai lapisan terakhir agar lebih tahan lama. Selain membuat pot tanaman tersusun rapi, rak kayu itu juga bisa menjadi bagian dari dekorasi rumah. 

Alternatif lain, kotak-kotak dari kayu tersebut juga bisa dibuat menjadi taman vertikal yang dipasang menempel pada dinding luar rumah. 

Selain keempat benda di atas, sebenarnya masih banyak kreasi lain yang bisa dibuat dari kayu. 

Buat Anda yang gemar berkreasi, enggak ada salahnya mencoba menciptakan kreasi berbahan kayu asli buatan sendiri. Siapa tahu kreasi yang Anda hasilkan bisa jadi pemantik untuk menciptakan peluang baru.