Melirik Leather Goods, Mungkin Sekarang Waktunya Punya Koleksi Ini
Jumat, 4 Desember 2020
read page
Penulis : Alek Kurniawan Editor : Sri Noviyanti

Barang-barang yang terbuat dari kulit atau leather goods memang memiliki kesan tersendiri, mulai dari elegan, mewah, sampai tampak gagah. Warnanya yang alami juga memberikan kesan maskulin kepada pemakainya.

Anda yang kerap mengoleksi fashion item tampaknya harus memiliki koleksi leather goods. Mengoleksi leather goods pun punya banyak keuntungan. Untuk informasi lebih lengkap, simak ulasan berikut.

1. Awet alias tahan lama

Bahan kulit asli yang berasal dari sapi atau domba punya kualitas paling oke. Kulit domba biasanya dipilih karena punya kualitas premium dan dikenal kelembutannya. Kulit domba juga punya sifat breathable atau nyaman dikenakan.

Keawetan bahan kulit juga didasari oleh proses pembuatan yang panjang. Kulit harus melalui proses penjemuran, penyamakan (tanning), bleaching, dan masih banyak lagi. Proses panjang ini dilakukan agar partikel penyusunnya jadi padat sehingga membuat leather goods bisa awet dan tahan lama.

2. Tampil elegan

Tampilan leather goods memang kerap terlihat elegan. Untuk looks yang lebih maskulin, Anda bisa menggabungkan beberapa item dalam satu waktu. Mulai dari jaket, sepatu, ikat pinggang, sampai dompet berbahan kulit asli bisa dikenakan sekaligus.

Kesan elegan yang simpel juga bisa menjadi pilihan, misalnya dengan hanya mengenakan jaket kulit dan menenteng men’s clutch. It looks so elegant and cool at the same time!

3. Eco-friendly

Kulit yang dipakai untuk menghasilkan leather goods berasal dari sisa binatang ternak yang diambil daging atau susunya. Bisa dibilang, pembuatan barang berbahan kulit adalah pemanfaatan limbah ternak.

Proses pembuatannya pun biasanya tidak memakai bahan kimia berbahaya seperti pembuatan fabric lainnya. Beberapa jenis fabric bahkan sulit terurai, sementara bahan kulit asli tidak. Bahan kulit punya sifat bio-degradable sehingga mudah terurai dan tidak akan mencemari lingkungan. Dengan menggunakan leather goods, Anda sudah mendukung dan menerapkan gaya hidup eco-friendly.

4. Relevan di setiap zaman

Satu lagi alasan buat punya koleksi leather goods adalah barang yang satu ini terkesan enggak pernah mati alias timeless. Lihat saja gaya Marlon Brando di The Wild One (1953) dan Harrison Ford di The Force Awakens (2015), semua pakai leather goods.

Gaya yang dikenakan kedua aktor tersebut bahkan masih relevan digunakan sampai sekarang. Hal ini menjadi bukti bahwa leather goods memang timeless.

Sekarang giliran Anda untuk mengoleksi dan mengenakan leather goods sesuai selera. Dijamin bakal bikin penampilan jadi makin elegan dan maskulin!