Jadi Komoditas Terbesar Indonesia, Berikut Rekomendasi Cokelat Terbaik dari Penjuru Nusantara
Senin, 30 November 2020
read page
Penulis : Erlangga Satya Darmawan Editor : Sri Noviyanti

KOMPAS.com - Cokelat merupakan salah satu komoditas terbesar Indonesia dari sektor perkebunan. Sama halnya dengan kopi, tanaman kakao yang menjadi bahan dasar cokelat dapat tumbuh subur di negara yang memiliki iklim tropis.

Di Indonesia, cokelat punya keistimewaan tersendiri karena cita rasa yang bervariasi. Hal ini dikarenakan beberapa hal, mulai dari kondisi geografis tiap wilayah yang berbeda, sampai kearifan lokal dalam mengolah kakao menjadi cokelat.

Tak main-main, cokelat asli Indonesia juga memiliki cita rasa otentik.

Jika Anda ingin mencicipi, berikut ini rekomendasinya.

Cokelat Glenmore, Jawa Timur

Glenmore adalah daerah perkebunan di Banyuwangi, Jawa Timur. Ciri khas cokelat ini ada pada rasa sedikit asam ketika pertama kali dicoba. Kemudian, muncul sensasi rasa manis madu. Hal ini membuat cokelat Glenmore memiliki rasa seimbang.

Biji kakao yang ditanam di Glenmore merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Hal tersebut terbukti dari banyaknya produsen cokelat asal Belgia dan Swiss yang memilih cokelat asal Glenmore sebagai bahan bakunya.

Cokelat Tabanan, Bali

Cokelat Tabanan, Bali kaya akan cita rasa karena pengaruh letak geografisnya. Ada sedikit rasa asam dan campuran rasa buah beri dilengkapi dengan rasa manis karamel yang sedikit creamy.

Agar rasa khas dari cokelat ini lebih terasa, para pengolahnya melakukan proses fermentasi yang membutuhkan waktu lima hari. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan kotak kayu.

Cokelat Tanazozo, Flores

Cokelat ini berasal dari daerah Rajawowo yang berada di Flores dan dibudidayakan oleh suku Tanazozo. Cokelat yang dihasilkan dari biji kakao daerah ini memiliki rasa yang unik karena proses pembuatannya masih tradisional dan merupakan warisan dari leluhur mereka.

Ditambah dengan kondisi tanah yang kering dan banyak tercampur dengan batu gamping membuat rasa cokelat ini semakin khas. Rasanya yang manis dan organik semakin lengkap dengan adanya sensasi rasa kopi dan cengkih sehingga membuat cokelat Tatanazo memiliki ciri khas tersendiri.

Cokelat Pidie, Aceh

Produk cokelat asal Pidie Jaya memiliki warna yang pekat dan rasa pahit. Seperti juga kopinya, cokelat asal Aceh juga punya cita rasa yang kuat.

After taste cokelat ini pun terasa asam dan sedikit pedas. Hal tersebut tak lepas dari kelembapan di daerah Aceh.

Seperti cokelat Tabanan, untuk memaksimalkan rasanya, cokelat Pidie Jaya masih menggunakan fermentasi tradisional dengan kotak kayu.

Nah, sudah tahu kan jenis cokelat terbaik di Indonesia? Selain berkualitas, cokelat Indonesia juga memiliki cita rasa yang unik. Anda bisa bereksplorasi dengan mencicipinya. Selamat menikmati.