Ragam Kegunaan Ampas Kopi, Sayang jika Dibuang
Rabu, 16 Desember 2020
read page
Penulis : Reygi Prabowo Editor : Sri Noviyanti

Kopi adalah minuman populer yang kerap dinikmati oleh orang Indonesia. Biasanya, kopi diminum pada pagi ataupun sore hari. Selain karena rasa dan aroma yang khas, kopi juga mengandung kafeina sehingga dapat menghilangkan kantuk. 

Minuman ini juga biasa dijadikan suguhan untuk tamu yang datang ke rumah. 

Nah, berbicara mengenai kopi tak terlepas dari ampas sebagai sisa dari seduhan. Berbeda degan minumannya, tak banyak orang menyenangi ampas kopi. Setelah menyeduh, ampas biasanya cepat-cepat dibuang. 

Faktanya, ampas kopi punya banyak manfaat. Jika ingin tahu, simak ulasan berikut. 

1. Penghilang bau tidak sedap

Bila ruangan di rumah memiliki bau tidak sedap, coba gunakan ampas kopi yang diletakkan dalam wadah mangkuk kecil. Bau kopi yang khas dan kuat akan menyamarkan bau tidak sedap. Sebaliknya, aroma dari kopi akan menguat di ruang itu. 

Pada dasarnya, wangi dari ampas kopi bisa dijadikan sebagai alternatif pengharum ruangan. Untuk fungsi ini, Anda bisa meletakkan ampas kopi di setiap sudut ruangan. Meski demikian, rutinlah untuk menggantinya. Jika terlalu lama, ampas kopi akan mengering dan aromanya hilang perlahan-lahan.  

2. Menghilangkan goresan pada furnitur 

Mempunyai furnitur kesayangan yang tergores merupakan hal umum yang sering dialami. Daripada menjadi bete karenanya, Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk membuatnya mulus kembali. 

Caranya, bubuhkan ampas kopi pada bagian yang tergores dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit. Lalu, usap bagian tersebut dengan kain lap kering. Setelah selesai, Anda akan melihat furnitur kesayangan menjadi mulus kembali. 

Untuk catatan, cara ini hanya ampuh untuk furnitur yang berbahan kayu ya.  

3. Digunakan sebagai pupuk tanaman

Home gardening mulai digemari oleh masyarakat perkotaan saat ini. Apalagi, sekarang banyak metode baru yang membuat kegiatan menanam lebih efektif dan menyenangkan. 

Nah, ternyata ampas kopi juga bisa digunakan untuk menjadi pupuk. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi beli pupuk untuk tanaman kesayangan. Kandungan nitrogen alami dalam ampas kopi turut membantu kesuburan tanah untuk tanaman.

Itulah berbagai manfaat ampas kopi yang bisa dimanfaatkan. Jadi, mulai sekarang, jangan langsung buang ampas kopi sisa seduhan ya. Selamat mencoba!