Biar Enggak Kecele, Ini Cara Pilih Jaket Kulit Pria
Senin, 30 November 2020
read page
Penulis : Yakob Arfin Tyas Sasongko Editor : Sri Noviyanti

Jaket kulit adalah salah satu item fashion penting bagi kaum adam. Selain dapat  melindungi tubuh dari hawa dingin, jaket kulit juga bisa menunjang kebutuhan pria dalam berpenampilan.

Saat mengenakan jaket kulit, pria semakin terlihat trendi sekaligus maskulin dan berkarakter.

Memilih jaket kulit yang terlihat bagus saat dipakai ternyata susah-susah gampang. Biar enggak kecele, berikut cara memilih jaket kulit asli dan terlihat keren saat dipakai.

Membedakan kulit asli dan sintetis

Sebelum membeli, pastikan Anda memilih jaket berbahan kulit asli. Kulit asli punya kualitas terjamin sehingga lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Bahan jaket kulit asli biasanya menggunakan kulit domba, kulit kambing, maupun kulit sapi.

Membedakan jaket bahan kulit asli dan sintetis bisa dilakukan dengan menyentuh bagian permukaannya.

Berbeda dengan kulit imitasi atau sintetis yang terasa kaku dan berat, tekstur jaket kulit asli terasa lembut saat disentuh.  Kulit asli juga tak mudah ditarik  atau mengilap.

Anda juga bisa menciumnya. Jaket kulit asli punya aroma khas yang muncul akibat proses penyamakan. Aromanya tidak tercium seperti bau plastik atau vinyl.

Ukuran pas

Pastikan Anda memilih jaket kulit yang pas di tubuh supaya terlihat keren saat dipakai. Untuk mengetahui pas atau tidak, Anda bisa menjajalnya terlebih dahulu di fitting room. Pastikan jaket tersebut terasa pas di bagian pundak maupun lingkar ketiak.

Hindari memilih jaket kulit yang terlalu besar karena membuat tubuh terlihat kurang proporsional dan tidak menarik.

Sebaliknya, hindari jaket kulit yang ukurannya terlalu kecil karena akan terasa sesak dan tidak nyaman saat dipakai.

Cek harga jaket kulit

Jaket kulit asli biasanya memiliki standar harga yang tergolong mahal, yakni di atas Rp 500.000.

Jika Anda menemukan jaket kulit dengan harga di bawah Rp 500.000, Anda perlu mempertanyakan keaslian bahan yang digunakan.

Agar tak menyesal di kemudian hari, lebih baik mengeluarkan bujet sedikit lebih besar untuk mendapat jaket kulit asli yang lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

Itulah beberapa tips cara memilih jaket kulit asli. Semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi sebelum Anda memutuskan membeli jaket kulit asli sehingga penampilan Anda keren maksimal.