3 Alasan Pentingnya Memakai Jaket Saat Berkendara
Rabu, 16 Desember 2020
read page
Penulis : Reygi Prabowo Editor : Sri Noviyanti

Berkendara dengan motor merupakan hobi yang banyak digandrungi oleh pria. Selain karena kebanyakan dari mereka sudah memiliki kendaraan roda dua, hobi tersebut juga bisa dijadikan sarana untuk melepas penat.  

Berbicara soal hobi motor, tak lengkap rasanya kalau tak membahas atribut seperti jaket. Jaket merupakan salah satu atribut penting yang harus digunakan saat berkendara. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menggunakan jaket pada saat mengendarai motor.  

Padahal, menggunakan jaket mempunyai banyak manfaat lho. Ayo simak ulasan berikut untuk mengetahui alasan pentingnya memakai jaket saat berkendara.  

1. Melindungi tubuh dari gesekan 

Kecelakaan merupakan salah satu kemungkinan terburuk yang dapat terjadi saat berkendara.  Mulai dari hilangnya keseimbangan kendaraan, tidak fokus saat berkendara, hingga kesalahan pengendara lainnya bisa saja menimpa Anda.

Akibatnya, tubuh akan jatuh dan mengalami gesekan pada aspal atau permukaan lainnya. Menggunakan jaket saat berkendara dapat mengurangi gesekan tersebut sehingga dapat menurunkan risiko cedera. 

Meski demikian tak semua jaket dapat melindungi Anda. Kriteria jaket yang dipakai pengendaraadalah yang berbahan denim atau kulit. Jika memungkinkan, gunakan jaket khusus untuk riding karena biasanya sudah dilengkapi dengan pelindung keras yang dapat mengurangi dampak benturan.   

2. Terhindar dari angin langsung 

Kendaraan motor adalah alat transportasi yang terbuka. Karena itu, tubuh akan merasakan embusan angin secara langsung saat mengendarainya.

Tak baik bagi tubuh jika terus menerus terkena angin secara langsung. Apalagi, kalau aktivitas berkendara motor merupakan bagian dari rutinitas. Anda bisa saja mengalami pusing, mual, dan masuk angin. 

Oleh karena itu, gunakan jaket agar tubuh tidak terkena angin langsung. Usahakan bagian depan dan pergelangan tangan tertutup sehingga jaket bisa efektif menghalau angin pada saat riding. 

3. Melindungi kulit dari udara kotor

Anda yang berkegiatan menggunakan motor setiap hari akan berhadapan langsung dengan udara kotor dan polusi. Dengan menggunakan jaket, Anda bisa mengurangi polusi atau kotoran yang menempel di kulit tubuh pada saat riding, sehingga terhindar dari kulit kusam dan dekil.

Itulah alasan mengapa jaket menjadi atribut penting dalam berkendara. Selain jaket, terdapat juga atribut lainnya yang juga tak kalah penting seperti, helm, sepatu, dan sarung tangan. Sebagai seorang bikers, biasakan untuk menerapkan adab berkendara dengan aman dan nyaman ya!