Mau Nyoba Hobi Vespa Klasik, Nih Tips buat Pemula agar Tak Salah Beli
Rabu, 16 Desember 2020
read page
Penulis : Sri Noviyanti Editor : Sri Noviyanti

Biker bergaya retro pasti tidak asing dengan Vespa. Sepeda motor asal Italia tersebut masih memiliki tempat di hati banyak orang. Buktinya, ada banyak pengguna Vespa yang bisa ditemui di jalan.

Uniknya, Vespa yang kerap terlihat di jalanan tidak hanya yang model baru saja. Vespa klasik pun masih bisa dengan mudah ditemui.

Wajar, komunitas Vespa klasik pun masih sangat besar. Bahkan, Vespa jenis klasik sering membuat pehobi motor pemula jadi ingin memilikinya.

Tak ada salahnya memulai hobi motor dengan melirik Vespa klasik. Modelnya yang ikonik memang kerap menarik hati.

Jika Anda salah satunya, cermati beberapa tips berikut agar tak salah beli.

 

1. Cari info

Apa pun jenis motornya, Anda wajib mencari info sebanyak-banyaknya mengenai hobi baru yang ingin ditekuni.

Anda bisa memulainya dengan riset sederhana, mulai dari tipe Vespa, harga, dan biaya perawatan. Selain dari internet, Anda juga bisa bertanya pada teman yang sudah punya hobi tersebut lebih dulu.

Cara lainnya, Anda juga bisa bertanya pada anggota komunitas Vespa klasik untuk mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan saat ingin membeli.

 

2. Siapkan dana

Setelah mengantongi info, Anda perlu menyiapkan dana. Ingat, dana yang disiapkan harus lebih dari harga estimasi.

Sebab, membeli Vespa klasik sama saja dengan motor seken. Kemungkinan tawar-menawar pasti ada dan harga yang disepakati bisa jadi lebih tinggi dari perkiraan Anda.  

Anda bisa saja mendapatkan harga lebih mahal atau lebih murah dari rerata harga di pasaran.

 

3. Tentukan tipe dan pantau Vespa incaran

Saat dana sudah siap, kini pilih tipe Vespa klasik yang mau dibeli. Selain harus diimbangi dengan bujet, carilah yang sesuai dengan gaya Anda.

Setelah mengetahui mana tipe yang cocok, kini pantau Vespa incaran. Carilah dua sampai tiga Vespa sebelum mengeceknya secara langsung.

 

4. Cek secara langsung

Cara paling gampang untuk melihat kondisi Vespa yang mau dibeli adalah dengan mengeceknya secara langsung.

Kalau tidak yakin, Anda boleh membawa teman yang lebih paham dengan Vespa klasik.

Beberapa hal yang harus dicek saat melihat langsung, di antaranya nomor rangka dan mesin. Nomor harus sesuai dengan STNK dan BPKB.

Lalu, cek kondisi mesin. Apakah mesin bekerja dengan baik, dan lihat apakah ada rembes pada sela-sela mesin. Usahakan mesin menyala selama 2-5 menit. Korek juga informasi mengenai riwayat pemakaian pada pemiliknya.

Mengecek kondisi Vespa klasik sebetulnya tak beda dengan motor biasa. Hal-hal dasar seperti cek kelistrikan, nyaman atau tidaknya saat dikendarai, dan kondisi bodi jangan sampai terlewat.

 

5. Bawa ke bengkel rekomendasi

Jika dari beberapa pilihan Vespa incaran tadi sudah ada yang cocok, ini saatnya Anda membeli.

Akan lebih baik jika setelah membelinya, Vespa langsung dibawa ke bengkel. Gunanya, untuk memastikan seluruh kondisi motor apakah benar dalam kondisi baik atau tidak.

Jika tidak, segera ganti onderdil yang sudah tak berfungsi. Karenanya, wajib bagi Anda untuk menyiapkan dana tambahan. Dana ini bisa dipakai untuk fungsi perawatan.