Ingin Menjadi Barista? Berikut Langkah-langkah untuk Memulainya
Senin, 7 Desember 2020
read page
Penulis : Reygi Prabowo Editor : Sri Noviyanti

 

Pernah terkesan dengan aksi barista sampai-sampai ingin menjajal profesi ini? Terkadang, aksi barista memang terlihat keren. Mereka pandai meracik kopi dengan ragam teknik hingga mampu menyajikan secangkir kopi enak. 

Seiring dengan hadirnya banyak tempat kopi kekinian profesi ini semakin populer dan digandrungi.

Sepintas, pekerjaan ini memang terlihat mudah. Namun, untuk dapat mengeluarkan keunikan aroma dan rasa biji kopi asli, dibutuhkan ilmu dan pengetahuan lebih mengenai kopi. 

Jika kamu tertarik menjadi seorang barista, berikut tips sederhana untuk memulainya. 

Belajar jenis kopi

Untuk menjadi seorang barista,  Anda bisa mulai untuk mempelajari beragam jenis kopi dan  seluk beluknya. Terdapat banyak sekali jenis kopi asli, mulai dari arabika, robusta, hingga liberika.

Selain jenisnya, kamu juga harus bisa mengetahui mana biji kopi yang di-roasting dengan cara origin atau blend. Biji kopi origin berarti hanya menggunakan satu jenis biji kopi, sedangkan blend adalah penggabungan lebih dari satu jenis biji kopi pada saat proses roasting.

Jangan malas untuk membaca dan belajar. Percaya deh, jika ingin melakukan suatu, belajar adalah kuncinya. 

Sering berlatih

Setelah mempelajari seluk beluk kopi, langkah selanjutnya adalah berlatih. Sebagai langkah pertama, beli berbagai jenis kopi dan mulailah menyeduhnya. Dari situ, Anda akan belajar secara perlahan dan mengetahui kebutuhan apa lagi yang harus dilengkapi untuk bisa menyajikan kopi berkualitas ke dalam cangkir. 

Ada beragam teknik menyeduh yang bisa Anda pelajari. Misalnya, french press, drip, aeropress, flat bottom, dan yang paling biasa, yaitu tubruk.

Selain kemampuan menyeduh, lidah Anda juga harus dilatih untuk mengetahui karakteristik jenis-jenis kopi. Jadi, siap-siap untuk sering mencicipi kopi dan cobalah lebih kritis untuk merasakan perbedaan dari setiap kopi.

Masuk dalam komunitas kopi

Langkah selanjutnya adalah masuk dalam komunitas kopi. Ini adalah upaya untuk mencari teman diskusi agar pengetahuan Anda tentang kopi terus bertambah. 

Lewat komunitas, Anda bisa memperoleh ilmu dari orang-orang yang berpengalaman. 

Jangan malu bertanya. Selalu posisikan dirimu dalam kondisi siap belajar dan menerima informasi agar bisa terus maju dan menjadi seorang barista yang andal.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menjadi seorang barista. Kemauan yang kuat dan konsistensi pasti akan memberikan hasil optimal. Semoga tips tersebut bisa menginspirasi Anda untuk menjadi seorang barista, selamat mencoba!