Doyan Barang Berbahan Dasar Kulit Asli? Pahami Dulu Cara Membersihkan dan Merawatnya
Jumat, 2 Oktober 2020
read page
Penulis : Alek Kurniawan Editor : Sri Noviyanti

Aneka barang berbahan kulit asli, seperti tas, sepatu, jaket, gesper, dan dompet, memang memiliki kekhasan sendiri. Tampilannya cenderung lebih berkelas dan mewah ketika digunakan.

Hal tersebut membuat produk-produk berbahan kulit asli dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan bahan lainnya.

Sudah begitu membersihkan dan merawatnya harus dengan perlakuan khusus. Selain harus menggunakan metode yang tepat, Anda juga harus telaten agar kualitas kulit tetap terjaga.

Kalau Anda hobi mengoleksi barang berbahan dasar kulit asli, simak ulasan berikut untuk mengetahui cara merawatnya.

1. Bersihkan dengan bahan khusus

Kulit memiliki kelembapan yang harus dijaga sedemikian rupa agar kualitasnya tetap baik. Oleh karena itu, dibutuhkan sabun atau pembersih khusus untuk membersihkannya. Jika sulit mendapatkan kondisioner tersebut, body lotion atau mineral oil juga bisa dijadikan pengganti.

Body lotion memiliki kandungan moisturizer yang sangat baik bagi produk berbahan kulit. Sementara mineral oil dapat digunakan untuk menjaga kelembutan dan kekenyalan pada kulit. Kedua bahan ini juga bisa menjaga tekstur kulit dari kondisi kering yang dapat berujung retak.

2. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung

Segeralah bersihkan jika sepatu atau tas kulit yang sedang digunakan terkena hujan. Jika keadaan tak memungkinkan, coba keringkan dengan koran atau lap kering agar air cepat terserap.

Jika sudah cukup kering, taruh produk kulit di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Ingat, barang berbahan dasar kulit tak perlu diletakkan di bawah sinar matahari langsung, ya. Hal tersebut malah akan membuat kulit menjadi kering dan retak. Daya kelenturan kulit pun bisa berkurang.

3. Beri silica gel agar produk kulit tidak lembap

Bila produk kulit sedang tidak digunakan, jangan menaruhnya di tempat tertutup yang lembap. Untuk sepatu, misalnya, lebih baik taruh pada rak yang memiliki sirkulasi udara baik. Kemudian untuk jaket kulit, sebaiknya gantung dengan hanger dan jangan dilipat.

Untuk memaksimalkan perawatan produk kulit, Anda juga bisa memberikan bahan anti-lembap untuk mencegah timbulnya jamur. Silica gel atau kamper bisa jadi pilihan terbaik untuk hal ini. Selain melawan jamur, kedua bahan ini bisa membuat kualitas kulit tetap terjaga.

4. Gunakan cuka untuk mengkilapkan kulit

Produk berbahan kulit asli akan terlihat semakin edgy dan atraktif jika tampak mengkilap. Adapun cara mudah dan terjangkau yang bisa Anda lakukan agar produk kulit tetap berkilau alami, yakni menggunakan air cuka.

Caranya, siapkan spons yang sudah dibasahi air. Tuang sedikit cuka di atas spons dan usapkan ke seluruh permukaan kulit, lalu keringkan dengan lap kering.

5. Hindari penggunaan sikat

Kebanyakan orang mungkin menganggap mencuci menggunakan sikat bisa membuat produk kulit lebih bersih. Ternyata anggapan itu tidak benar. Sikat malah akan membuat kulit mudah tergores dan cepat rusak. Jadi, lebih baik hindari penggunaan sikat, ya.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Kalau sudah tahu caranya, hobi mengoleksi barang berbahan dasar kulit jadi lebih mudah, kan?