Coba-coba Bisnis Pomade, Mulai dari Mana?
Kamis, 24 September 2020
read page
Penulis : Yakob Arfin Tyas Sasongko Editor : Sri Noviyanti

Styling atau menata rambut juga penting bagi pria. Mereka kerap memerhatikan tatanan rambutnya agar dapat tampil necis dan percaya diri.

Menata rambut biasanya dilakukan minimal satu kali dalam satu bulan. Enggak heran kalau belakangan ini bisnis barbershop mulai ngetren dan berkembang cukup pesat. 

Untuk kebutuhan personal di rumah, mereka juga biasanya merawat dan melakukan styling sendiri menggunakan pomade.

Berbeda dengan barbershop, bisnis pomade ini belum banyak dilirik. bisa memanfaatkan untuk mulai berwirausaha.  

Kalau Anda kebetulan punya hobi atau ketertarikan pada urusan gaya dan menata rambut dan ingin mencoba peruntungan di bisnis ini, berikut beberapa tips yang perlu disimak. 

Peka melihat peluang 

Kesempatan wirausaha terbuka lebar asalkan jeli mencermati peluang. Hal terpenting bagi pebisnis pemula adalah jangan sampai tergiur menjajal bisnis yang sudah eksis, populer, dan menguntungkan menurut banyak orang. Sering kali pebisnis pemula terjebak dalam persaingan dengan pebisnis lama, sehingga usahanya pun tak berusia panjang. 

Dibandingkan jenis produk lain, pemain bisnis pomade masih terbilang sedikit sementara kebutuhan pria pada produk ini cukup tinggi. Mereka membutuhkan pomade untuk menunjang penampilan setiap hari. Kesempatan itu bisa dimanfaatkan untuk mulai berwirausaha. 

Berani memulai

Untuk memulai sebuah bisnis, keberanian merupakan modal penting. Jika niat berbisnis sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah merealisasikannya. Anda perlu berani melangkah.

Akan lebih mudah memang jika bisnis yang digeluti sesuai dengan ketertarikan, seperti bisnis pomade ini. Setidaknya, Anda lebih tahu formula produk seperti apa yang mau dibuat karena sudah paham betul kebutuhan kaum adam.

Keberanian akan datang jika Anda mengetahui seluk beluk bisnisnya, tingkat persaingan, dan bisa menilai target segmen calon konsumen untuk menentukan strategi penjualan. Dengan modal itu, Anda bisa memulai bisnisnya.

Saat bisnis sudah mulai berjalan, Anda akan menemukan beragam pengalaman baik suka maupun duka. Dalam prosesnya, secara alami Anda akan tahu ke mana  arah bisnis ini selanjutnya. Jika sudah begitu, jangan ragu untuk improvisasi varian produk dan siapkan inovasi berikutnya agar bisnis berjalan lancar.

Belajar grooming rambut 

Kemauan untuk belajar adalah kunci penting dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis pomade. Untuk memahami seluk beluk pomade lebih dalam, Anda enggak hanya harus mengetahui komposisi dan cara membuatnya, tapi juga belajar seputar grooming rambut.

Tak perlu repot untuk mempelajarinya karena hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Paling mudah, belajar melalui internet. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi di situ. Jika sudah tahu dasar grooming, ikuti tren model rambut dan penyesuaian aplikasi pomade.

Selain belajar dari internet, Anda juga  bisa belajar langsung dari praktisi di industri styling rambut.  Cari kenalan dan buat  janji temu dengan salah satu pemilik barbershop misalnya, jadi Anda bisa bertukar informasi seputar tren rambut dan berbagai produk styling rambut yang banyak diburu konsumen pria. Berbagai informasi penting ini bisa menjadi acuan untuk berinovasi. 

Strategi promosi 

Sebagai pebisnis pemula, pilih strategi marketing yang paling mudah. Misalnya dengan memanfaatkan jaringan pertemanan. Selain murah, cara itu  efektif untuk mengenalkan produk pomade kepada calon pembeli langsung. Anda bisa menghubungi teman kerja atau teman nongkrong untuk mengenalkan produk.  

Sebagai langkah awal, berikan beberapa pomade pada mereka sebagai tester. Buatlah semenarik mungkin untuk kemasannya. Setelah merasakan manfaatnya, mereka bisa memberikan masukan yang positif untuk pengembangan produk selanjutnya. Syukur kalau mereka juga bisa merekomendasikan pada teman lainnya untuk ikut membeli. 

Mencari barbershop rekanan lalu menitipkan produk pomade juga bisa jadi cara yang lain. Anda pun bisa mendiskudikan perhitungan keuntungan dengan para pemilik barbershop.

 Itulah beberapa hal penting untuk mulai mencoba bisnis pomade. Semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi dan membuat Anda berani melangkah.