Enggak Cuma Diminum, Kopi Bisa Diolah Jadi Camilan Lezat yang Cocok buat Santai Sore
Kamis, 24 September 2020
read page
Penulis : Hisnudita Hagiworo Editor : Sri Noviyanti

Kopi adalah minuman yang cocok dinikmati di segala suasana dan dengan cara penyajian apa pun. Baik panas atau dingin, kopi mampu membuat mata melek, badan segar, dan juga pikiran lebih cemerlang.

Selain itu, kopi juga dapat dibuat dengan beragam metode, mulai dari french press, pour over, cold brew, hingga yang paling sederhana dan asli Indonesia yaitu tubruk. Berbeda cara pembuatannya, berbeda pula cita rasa kopi yang dihasilkan.

Nah, tidak hanya enak dinikmati sebagai minuman, kopi ternyata bisa juga dijadikan bahan untuk diolah menjadi beragam camilan lezat. Rasa asli kopi menciptakan cita rasa yang unik pada camilan-camilan tersebut.

Berikut beberapa kreasi cemilan berbahan kopi yang menarik untuk dicoba. Saking enaknya, camilan-camilan ini pasti bikin Anda yang doyan kopi ketagihan.

1. Cake Chocolate with Dalgona Coffee

Beberapa bulan lalu, Dalgona Coffee sempat viral di kalangan netizen, kreasi kopi ini asyik untuk dicoba saat Anda lagi bosen minum kopi single origin atau kopi-kopi artisan.Proses pembuatannya pun membuat lengan Anda lebih kuat. Kopi harus dikocok dengan whisker selama kurang lebih 5-10 menit hingga berubah teksturnya menjadi berbusa layaknya frosting.

Selain Dalgona Coffee, saat ini muncul juga varian kuemya, yakni Dalgona Cake. Frosting dalgona dipadankan dengan cake untuk dikonsumsi sebagai camilan sore.

Jenis cake yang bisa digunakan juga beragam, seperti bolu, sponge cake, atau brownies. Namun, supaya cita rasa kopi lebih keluar, Anda sebaiknya memadukannya dengan cake rasa cokelat. Tambahkan frosting Dalgona Coffee sebagai topping-nya dan santap.

2. Puding kopi alpukat

Tak hanya cokelat, buah alpukat juga bisa jadi jodohnya kopi, lho. Buktinya, banyak minuman kopi yang dicampur alpukat jadi favorit anak muda.

Nah, sekarang saatnya Anda kreasikan alpukat dan kopi menjadi camilan enak. Coba olah alpukat dan kopi dengan agar-agar plus kental manis. Kemudian dinginkan di kulkas.

Hasilnya adalah puding kopi alpukat atau nama kerennya Avocado Coffee Pudding yang nikmat disajikan dingin. Paling cocok jadi teman ngemil saat cuaca panas. Asli nyegerin!

3. Donat kopi

Ide camilan kopi selanjutnya adalah donat kopi. Biasanya donat dibuat dengan adonan mentega, tepung terigu, dan telur. Nah, cita rasa donat bisa naik kelas ketika Anda menambahkan beberapa sendok kopi espresso ke dalam adonan tersebut.

Aroma asli kopi akan semerbak tak hanya di dapur saat membuatnya, tetapi juga saat sudah tersaji di meja. Untuk menghiasnya, Anda bisa menambahkan topping berupa frosting kopi dalgona. So yummy!

4. Keripik ubi kopi

Salah satu camilan yang disukai masyarakat Indonesia adalah keripik. Teksturnya yang garing membuat keripik sering dicari saat bersantai.

Selain keripik dengan rasa gurih, keripik manis juga menjadi favorit banyak orang. Contohnya adalah keripik ubi yang memiliki cita rasa kopi.

Rasa manis dari ubi dipadukan dengan kopi yang memiliki aroma khas akan membuat sensasi lain di mulut.
Nah, sudah menentukan camilan mana yang akan Anda coba? Yuk bikin kreasi sendiri.