Coba-coba Bisnis Kopi, Berapa Modalnya?
Senin, 23 November 2020
read page
Penulis : Yakob Arfin Tyas Sasongko Editor : Sri Noviyanti

Kopi sedari dulu sudah menjadi bagian kehidupan orang Indonesia. Tren konsumsi kopi belakangan ini juga meningkat seiring dengan menjamurnya kafe dan waralaba gerai kopi.

Aktivitas ngopi sambil santai bersama teman atau rekan kerja di kedai kekinian menjadi rutinitas yang kian umum.

Kini gerai kopi menyediakan berbagai variasi racikan kopi. Mulai dari kopi single origin sampai kopi susu yang dikombinasikan dengan aneka rasa sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan.

Melihat tren itu, tak ada salahnya Anda mencoba peruntungan dengan berbisnis kopi.

Tenang, bisnis coffee shop ternyata enggak harus punya modal besar.

Kalau Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, berikut bocoran modal untuk memulai bisnis kopi.

Modal niat

Membuka usaha coffee shop tidak harus bermodal besar, yang penting ada niat. Hal ini jadi modal paling utama sekaligus paling murah yang harus Anda miliki.

Tanpa niat, usaha apa pun tidak akan berjalan optimal.

Dengan niat itu, Anda dengan sendirinya akan memiliki rasa ingin tahu mengenai segala sesuatu terkait bisnis kopi.

Rasa ingin tahu itu kemudian mendorong Anda untuk selalu update informasi tentang kopi. Mulai dari biji kopi, alat roasting, teknik produksi, update varian rasa, tren minat konsumen, hingga pemasaran.

Mulai Rp 10 juta

Tanpa harus menyewa tempat untuk membuka kedai kopi, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah sendiri dengan bermodal Rp 10 juta saja.

Anda bisa mengoptimalkan alat-alat manual brew seharga Rp 6 juta per set dengan modal tersebut. Manual brew mudah dioperasikan untuk meracik kopi.

Alat-alat manual brew yang bisa digunakan antara lain moka pot, rok presso, french press, aeropress, V60, chemex, vietnam drip, dan syphon.

Alat itu membuat Anda bisa menghasilkan racikan kopi dengan profil kopi yang lebih light sehingga cocok untuk peminat kopi pemula.

Kopi franchise

Salah satu alternatif untuk berbisnis kopi yaitu dengan memanfaatkan penawaran franchise kopi susu.

Brand-brand kopi fusion saat ini telah menggunakan sistem franchise atau waralaba. Dengan sistem ini, siapa saja bisa menjadi investor untuk brand kopi kekinian.

Jika tertarik membuka usaha franchise minuman kopi, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulainya.

Harga waralaba yang ditawarkan bervariasi. Sejumlah brand kopi fusion menawarkan estimasi nilai paket investasi minimal mulai dari Rp 7,5 juta hingga Rp 200 juta.

Dengan investasi tersebut, pemegang bisnis franchise akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan dari pemilik bisnis franchise.

Itu sudah termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan, hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Itulah beberapa bocoran modal untuk mulai berbisnis kopi. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mempertimbangkan konsep bisnis kopi seperti apa yang ingin dikembangkan.