Tips Merawat Helm agar Tetap Kece walaupun Sering Dipakai Saat Hujan
Jumat, 20 November 2020
read page
Penulis : Reygi Prabowo Editor : Sri Noviyanti

Helm merupakan aksesori yang punya peran penting untuk pengendara roda dua. Fungsinya sebagai proteksi atau pelindung kepala mulai dari cuaca, debu, sampai benturan jika kecelakaan.

Fungsi lainnya adalah sebagai aksesori pelengkap berpakaian agar terlihat lebih kece saat mengendarai motor. Pengendara biasanya menggunakan helm yang sesuai dengan karakter dan warna motor kesayangan.   

Sebagai aksesori penting saat berkendara, menjaga kondisi helm merupakan sebuah kewajiban. 

Berikut tips merawat helm agar aksesori penting tersebut selalu bersih dan tetap awet, terutama di musim penghujan seperti sekarang.

1. Selalu menjemur helm setelah kehujanan

Kondisi cuaca yang sering hujan secara mendadak membuat helm berisiko tinggi kebasahan dan lembap. Jika dibiarkan, helm akan tampak tidak terawat dan buluk. Helm juga bisa saja menjadi rusak.

Anda bisa menjemur helm yang basah di bawah sinar matahari agar bagian dalam helm tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

Selain itu, cara ini juga dapat meminimalisasi bagian dalam helm berjamur dan menjadi tempat bersarang bakteri akibat lembap.

2. Bersihkan bagian dalam helm

Bagian dalam helm gampang sekali lembap. Tak hanya di musim hujan, intensitas pemakaian helm yang lama, terutama di jalan macet perkotaan dengan cuaca yang panas, juga bisa melembapkan bagian dalam helm.

Hal ini disebabkan keringat dari kepala yang terserap busa di bagian helm tersebut. Jika dibiarkan, kondisi ini akan memicu bau tidak sedap. 

Anda bisa mencegahnya dengan rutin membersihkan bagian dalam helm. Caranya, copot cheek pad (busa pipi), crown pad (bagian kepala), neck roll, dan chin curtain.

Setelah itu, rendam komponen yang disebutkan tersebut di wadah berisi air detergen baju yang berjenis light duty. hal ini untuk menghindari kandungan kimia yang keras pada detergent jenis lain yang khusus untuk menghilangkan noda kuat. Lalu bilas dan jemur di bawah paparan sinar matahari sampai benar-benar kering.

3. Selalu bersihkan bagian visor

Visor atau kaca depan helm merupakan bagian yang sangat penting sehingga harus dijaga kebersihan dan kualitasnya. Jika dibiarkan kotor, bisa-bisa kaca menjadi buram dan mengganggu penglihatan saat berkendara. Visor kotor juga bisa jadi sarang serangga.

Setelah terkena hujan, jangan biarkan kaca depan helm kering sendiri karena dapat meninggalkan bercak yang mengganggu. Gunakan kanebo atau lap untuk mengeringkannya setelah sampai di tujuan.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga helm agar tetap terawat. Jangan lupa diterapkan ya.