Ini Alasan Es Kopi Susu Kekinian Digandrungi Masyarakat Indonesia
Jumat, 20 November 2020
read page
Penulis : Hisnudita Hagiworo Editor : Sri Noviyanti

Es kopi susu kekinian dalam beberapa tahun ini menjamur di kalangan milenial. Rasanya yang manis dan dingin bisa membuat tubuh lebih segar.

Namun, jauh sebelum sepopuler sekarang, kopi susu ternyata sudah menjadi favorit banyak orang. Berdasarkan buku All About Coffee karya William H Ukers yang terbit pada 1922, kopi susu pertama kali diciptakan pada 1660 oleh seorang duta besar Belanda untuk Tiongkok, Johan Nieuhof.

Sumber lain menyebutkan bahwa kopi susu pertama kali diperkenalkan oleh seorang pemilik restoran dan toko obat di Rhode Island, Amerika Serikat pada 1930-an. Ia berpikir minuman kopi dengan campuran susu adalah menu kreatif untuk menarik pelanggan baru.

Kopi dicampur susu pun menjadi minuman favorit penduduk Rhode Island and Southeastern Massachusetts pada saat itu.

Terlepas dari siapa yang lebih dulu memperkenalkan atau menciptakan kopi susu, nyatanya minuman ini digandrungi semua kalangan.

Di Indonesia, kopi susu diperkenalkan pertama kali oleh perantau dari China bernama Liong Kwie Tjong pada 1927. Ia mendirikan Kedai Kopi Es Tak Kie di bilangan Glodok, Jakarta. Di kedai itu, Liong memperkenalkan menu es kopi susu.

Menu ini pun menjadi favorit masyarakat dan membesarkan nama kedai miliknya. Baik kedai maupun menu es kopi susu masih eksis sampai sekarang.

Kopi susu terus tersebar dan semakin mendapatkan tempat di hati para penikmat kopi seiring dengan berjalannya waktu. Ditambah inovasi yang dilakukan oleh para pemilik kedai, es kopi susu hadir dengan wajah kekinian dan semakin digandrungi anak muda.

Lalu apa sih yang membuat es kopi susu kekinian begitu populer?

1. Rasa yang unik

Es kopi susu memiliki rasa yang familiar bagi lidah masyarakat Indonesia karena rasanya yang mirip dengan jajanan yang mudah ditemukan sehari-hari.

Ada banyak jajanan yang pakai kelapa dan gula merah. Jadi, mencampurkan gula merah dengan kopi susu membuat minuman berkafein ini mudah diterima masyarakat.

Es kopi susu kekinian juga mencampurkan beberapa bahan lain, seperti alpukat dan pandan, untuk mendapatkan rasa unik dan khas. Minuman tersebut juga menjadi alternatif pelanggan untuk mencicipi es kopi susu yang berbeda.

2. Mudah dinikmati first coffee drinker

Orang Indonesia menginginkan kopi yang tidak terlalu pahit dan asam. Maka, es kopi susu kekinian merupakan pilihan minuman yang dapat menjawab keinginan tersebut.

Rasa asli kopi yang pahit tertutupi dengan gurihnya susu dan manisnya gula. Hal ini membuat lidah para penikmat kopi baru dapat dengan mudah menyesuaikan rasanya.

3. Rasa kopi tetap asli

Kedai kopi kekinian juga tetap mempertahankan rasa asli kopi. Mereka menggunakan biji kopi nusantara untuk mendapatkan kopi dengan cita rasa asli Indonesia. Biji kopi dari Lampung, Jawa Barat, hingga Toraja menjadi pilihan untuk memberikan rasa asli kopi.  

4. Harga bersahabat

Harga yang terjangkau juga membuat es kopi susu kekinian semakin populer. Sebelumnya, orang harus mengeluarkan kocek lebih untuk segelas es kopi susu merek internasional. Kini, dengan belasan ribu rupiah, mereka dapat menikmati es kopi susu enak dan nikmat.