Senikmat Racikan Barista, Ini Cara Menyeduh Kopi dengan Cita Rasa Asli di Rumah
Rabu, 23 September 2020
read page
Penulis : Farhanah Editor : Sri Noviyanti


Kopi bikinan barista selalu menggoda. Aromanya membangkitkan selera, bahkan cita rasa seduhannya bisa pas banget di lidah. Enggak heran, banyak orang lebih menikmati kopi racikan barista ketimbang buatan sendiri di rumah.

Sekalipun sudah membeli biji atau bubuk kopi asli berkualitas, tapi tetap saja kopi seduhan sendiri belum tentu senikmat racikan barista. Nyatanya meracik kopi bukan perkara mudah. Hal ini karena secangkir kopi dengan kenikmatan asli tak hanya ditentukan oleh bahan dan alat yang berkualitas, tapi juga teknik penyeduhannya.

Meracik secangkir kopi asli ala barista juga tak bisa sekadar mengandalkan intuisi karena semua takaran bahannya harus presisi. Itulah sebabnya para barista terbiasa menggunakan timbangan dalam mengukur berat kopi dan bahan lainnya serta termometer  untuk mengukur suhu air seduhan. Semua itu dilakukan demi memastikan rasa asli kopi sampai di lidah penikmatnya.

Supaya lebih hemat dan mengurangi aktivitas di luar rumah demi kesehatan diri, berkreasi dengan bikin kopi seduhan sendiri di rumah bisa jadi alternatif. Kalau mau buat kopi seenak bikinan barista, ada caranya kok. Peralatannya juga sederhana dan biasanya tersedia di rumah. Jenis penyeduhan yang dimaksud adalah kopi tubruk.

Yuk simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk meracik kopi tubruk nikmat ala barista yang dilansir dari berbagai sumber. 

Gilingan kopi

Hasil gilingan kopi sangat memengaruhi rasa aslinya ketika diseduh. Semakin kasar hasil gilingan kopi, cita rasanya akan semakin ringan cenderung asam dengan hint rasa citrus. Begitu pula sebaliknya, semakin halus gilingan kopi rasanya semakin pahit.

Sebaiknya Andajangan terlalu lama menyimpan gilingan agar aroma kopi asli tetap bisa Anda nikmati. 

Takaran kopi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, takaran kopi juga akan memengaruhi cita rasa kopi asli yang dihasilkan.

Untuk menghasilkan secangkir kopi dengan cita rasa asli, idealnya Anda membutuhkan 8,25 gram kopi dan 150 ml air untuk menyeduhnya. Tapi, Anda bisa menyesuaikan takaran dengan selera pribadi.

Suhu air

Hal yang tak kalah penting dalam menyeduh kopi dengan rasa asli adalah suhu air panas yang digunakan. Suhu optimal untuk ekstraksi kopi berkisar antara 90-96 derajat Celcius. Semakin rendah suhu air, maka cita rasa kopi semakin asam.

Usahakan suhu air jangan melebihi 96 derajat Celcius agar rasa kopi tidak mudah hilang. Jangan pula terlalu dingin atau kurang dari 90 derajat Celcius biar kopi enggak menggumpal sehingga rasa kopi jadi kurang maksimal

Anda bisa pakai termometer kopi buat ngukur suhu air sebelum dituangkan ke cangkir. Pilihan yang lain, gunakan ketel leher angsa yang sudah dilengkapi pengatur suhu.

Jangan langsung diaduk

Biarkan kopi larut dengan alami selama 3 hingga 5 menit tanpa diaduk. Kemudian, Anda bisa mengaduknya sesuai cita rasa kopi asli yang disukai. Makin lama diaduk, kopi akan mengeluarkan rasa asli yang lebih kuat.

Cobalah nikmati keaslian rasa kopi tubruk tanpa gula. Jika Anda lebih menyukai cita rasa manis, tak ada salahnya mencampurkan gula atau susu sesuai selera.

Cara asli membuat kopi tersebut merupakan teknik dasar yang dilakukan barista dalam mengembangkan berbagai metode racikan kopi lainnya, seperti french press, espresso, pour over, dan sebagainya.

Selain cara di atas, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kopi nikmat di antaranya kualitas kopi, tingkat kematangan air, dan kebersihan alat yang digunakan.

Sekarang, Anda bisa berhemat dengan tidak perlu lagi sering-sering ngopi di kafe. Jangan lupa, temukan info menarik lewat artikel yang lainnya. Ada beragam konten bermanfaat dan informatif yang bisa dijadikan inspirasi.