Kriteria Jaket yang Cocok Dipakai Bikers biar Tetap Keren dan Aman Saat Touring
Jumat, 20 November 2020
read page
Penulis : Erlangga Satya Darmawan Editor : Sri Noviyanti

KOMPAS.com – Jaket merupakan salah satu perlengkapan yang penting bagi para bikers. Bukan hanya sebagai penunjang penampilan, jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari sinar matahari ataupun terpaan angin saat berkendara.

Demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan, pemilihan jaket pun tidak boleh sembarangan. Bikers yang akan melakukan touring harus memiliki jaket yang sesuai dan berbeda dari jaket harian. Sebab perjalanan saat touring lebih menantang dan jarak tempuhnya lebih jauh.

Tidak hanya tampilan kerennya saja, bikers juga harus mempertimbangkan kriteria berikut saat memilih jaket untuk touring.

Jenis bahan yang nyaman

Melakukan touring umumnya akan membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama. Mengenakan jaket dengan bahan kain yang ringan seperti cordura atau sipatex sangat disarankan untuk bikers.

Bahan jenis ini juga bersifat water repellent sehingga air tidak akan masuk ke lapisan dalam jaket.

Jaket berbahan kulit juga bisa menjadi pilihan. Sedikit berat memang, tetapi jaket kulit memiliki ketahanan yang kuat serta mampu melindungi tubuh dari cuaca ekstrem.

Para pengendara motor custom dan motor gede (moge) cocok mengenakan jaket berbahan kulit.

Memiliki ventilasi udara

Saat melakukan perjalanan jauh, suhu tubuh seringkali mengalami peningkatan. Menggunakan jaket yang memiliki ventilasi udara membantu agar sirkulasi udara di dalam jaket tetap lancar sehingga tubuh tidak terlalu kegerahan.

Memiliki protector

Menggunakan protector tubuh dalam berkendara sudah menjadi keharusan, terlebih jika sedang melakukan touring.

Sebaiknya, pilih jaket yang memiliki bantalan di bagian punggung, bahu, dada, dan siku. Fitur ini dibuat untuk melindungi bikers dari efek benturan seandainya terjatuh dari motor.

Karena berkendara jarak jauh merupakan kegiatan yang punya risiko kecelakaan, keberadaan protector pada jaket adalah hal yang tidak bisa diabaikan oleh bikers.

Kantung penyimpanan

Perbedaan umum yang terlihat antara jaket harian dan jaket touring adalah jumlah kantung.

Jaket touring memiliki kantung yang lebih banyak. Fungsi kantung-kantung ini adalah untuk menyimpan berbagai keperluan yang dibawa oleh bikers.

Pada bagian punggung jaket biasanya juga terdapat kantung besar yang berfungsi untuk menyimpan jas hujan.

Penggunaan warna terang dan reflektor

Menggunakan jaket dengan warna terang ataupun mencolok dapat membantu Anda terhindar dari risiko kecelakaan.

Warna terang membuat pengendara lainnya dapat menyadari keberadaan Anda.

Anda juga bisa menempelkan reflektor pada jaket bila ingin menggunakan jaket berwarna gelap. Keberadaan reflektor berfungsi untuk memantulkan cahaya. Terutama saat berkendara di malam hari.

Itulah kriteria-kriteria jaket yang cocok Anda kenakan untuk melakukan touring. Selalu lengkapi diri Anda dengan peralatan yang mampu menunjang keselamatan berkendara agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Selamat berkendara.