Mumpung Banyak Waktu di Rumah, Coba Bikin Kerajinan Kulit dengan Alat Sederhana Ini
Rabu, 18 November 2020
read page
Penulis : Aditya Mulyawan Editor : Sri Noviyanti

Sejak pemberlakuan work from home (WFH), banyak orang mulai mencari hobi baru. Jika punya waktu luang, tak ada salahnya mencoba. Salah satu hobi yang bisa dicoba adalah membuat kerajinan kulit.

Anda tidak perlu bingung jika tidak memiliki peralatan khusus untuk membuat kerajinan kulit. Ada beberapa produk yang bisa dibuat dengan peralatan sederhana, seperti card holder, coaster, pembatas buku, dan lain sebagainya.

Berikut adalah peralatan yang biasa ada di rumah untuk membuat kerajinan kulit.

Pisau cutter

Alat ini biasanya dapat ditemukan dengan mudah di rumah karena berguna untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Anda bisa menggunakan pisau cutter untuk memotong pola kulit agar hasilnya lebih rapi. Gunakan pisau cutter yang kokoh dan dapat diisi ulang agar lebih hemat.

Alas potong

Alas potong atau cutting mat berfungsi untuk memudahkan proses pemotongan kulit sekaligus menjaga agar pisau cutter lebih awet.

Cutting mat biasanya juga memiliki garis bantu yang dapat memudahkan Anda untuk menentukan ukuran dan arah potongan. Gunakan cutting mat dengan ukuran besar agar lebih leluasa saat memotong kulit.

Penggaris

Alat ini berfungsi untuk membantu Anda dalam proses pembuatan pola dan pemotongan kulit.

Gunakanlah penggaris berbahan besi atau stainless steel dengan ukuran 60 cm atau 100 cm agar lebih awet dan memudahkan pekerjaan.

Lem kuning

Setiap pola kulit perlu ditempel menggunakan lem agar lebih kokoh dan awet konstruksinya sebelum dijahit.

Adapun jenis lem yang tepat untuk pembuatan kerajinan kulit adalah lem kuning. Lemnya terbuat dari bahan polimer asetat. Lem ini memiliki sifat kaku saat diaplikasikan sehingga tepat diaplikasikan pada bahan-bahan natural yang solid, seperti kulit.

Palu

Palu berfungsi untuk “menggetok” pola-pola kulit yang sudah dilem agar hasilnya lebih merata dan kokoh. Upayakan untuk melapisi bagian ujung palu dengan potongan kulit agar tidak menimbulkan bekas atau goresan pada pola yang diketuk.

Jarum dan benang

Kedua alat ini berfungsi untuk menyambung sekaligus menguatkan sisi-sisi kerajinan kulit yang Anda buat.

Gunakan jarum yang memiliki ukuran kepala dan badan yang hampir sama rata agar memudahkan proses menjahit dan menjaga benang tidak mudah pecah. Jangan lupa untuk menggunakan jenis yang biasa digunakan untuk mesin.

Itulah sederet peralatan sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membuat kerajinan kulit di rumah. Gimana, tertarik untuk mulai mencoba?