Jangan Salah Pilih, Kenali jenis Helm yang Sesuai dengan Motor Kesayangan
Rabu, 4 November 2020
read page
Penulis : Erlangga Satya Darmawan Editor : Sri Noviyanti

 

Helm merupakan perlengkapan wajib saat mengendarai motor. Fungsinya adalah sebagai salah satu alat proteksi, yakni melindungi kepala dari benturan dan meredam bisingnya suara gemuruh di jalan.

Berkendara tanpa helm juga akan menimbulkan kesan arogan. Bikers yang baik harus taat aturan dan menjauhi stigma pengendara ugal-ugalan.

Tahukah Anda kalau beda jenis motor, beda juga helm yang harus dikenakan?

Tak ada aturan khusus untuk itu, tapi jenis helm biasanya memengaruhi penampilan pengendaranya. Jadi agar matching dengan motor yang dipakai, yuk cari tahu jenis helm berikut.

Helm half face

Helm half face merupakan helm yang sangat umum dikenakan oleh pengendara motor di indonesia. Helm ini cocok untuk seseorang yang mengendarai motor bebek atau skuter matic.

Helm full face

Helm full face dianggap sebagai yang helm yang paling aman karena modelnya yang tertutup penuh serta mampu melindungi semua bagian kepala. Helm ini cocok untuk riders yang suka mengendarai motor sport dengan cc yang besar. 

Helm open face

Digunakan oleh mayoritas pengendara motor custom ataupun classic, jenis helm ini hampir mirip dengan helm half face. Tidak adanya topi dan kaca pelindung seperti hall face lah yang jadi perbedaan antara kedua helm ini

Helm off road

Helm ini hanya digunakan untuk pengendara motor trail atau off road. Mirip dengan helm full face, tapi dengan bentuk yang tidak aerodinamis. Helm ini tidak disarankan untuk para bikers yang suka berkendara dengan kecepatan tinggi. Mengenakan helm ini akan membuat kepala mudah terbawa angin dan bisa mengganggu kenyamanan serta keselamatan berkendara.

Helm modular

Gabungan antara helm half face dan full face ini cocok untuk para bikers yang suka melakukan touring. Bagian bawah atau rahang helm yang bisa diangkat ke atas hingga bagian muka terlihat membuat helm ini jadi mirip dengan helm jenis half face.

Itulah beberap jenis helm yang umumnya digunakan oleh pengendara motor di Indonesia. Sesuaikan pemilihan helm dengan jenis motor yang Anda pakai. Hal terpenting adalah pilih helm yang sudah punya label Standar Nasional Indonesia atau SNI.