Ingin Modifikasi Vespa? Simak Tips Berikut agar Kendaraan Lawas Anda Tetap Orisinal
Selasa, 3 November 2020
read page
Penulis : Reygi Prabowo Editor : Sri Noviyanti

Mempunyai kendaraan lawas seperti Vespa klasik merupakan salah satu hobi otomotif yang tidak pernah hilang. Apalagi jika dasarnya memang menyukai hal-hal yang berbau klasik. 

Vespa mempunyai fanbase yang besar dan solid. Motor lawas ini dicintai oleh masyarakat berbagai kalangan, baik sebagai kendaraan sehari-hari atau sebagai barang koleksi. Mereka bahkan memodifikasi Vespa klasik agar tampilannya lebih kece.

Banyaknya referensi dari internet meningkatkan hasrat para pemilik Vespa untuk memodifikasi roda dua asal Italia tersebut. 

Terdapat beberapa genre modifikasi Vespa, seperti gaya mods yang mencerminkan kendaraan pekerja Inggris di tahun 70 hingga 80an, gaya racing, dan orisinal.

Berikut tips singkat yang bisa Anda lakukan agar modifikasi Vespa sesuai dengan yang diinginkan. 

  1. Teliti sebelum membeli aksesori atau onderdil

Jika memilih modifikasi Vespa bergaya orisinal, Anda harus sabar untuk mencari barang yang tepat. Onderdil dan aksesoris Vespa agak sulit untuk dicari. Apalagi jika ingin menyesuaikan dengan time period produksian. 

Untuk memodifikasi agar motor Vespa terlihat asli seperti baru keluar dari pabrikan butuh kejelian dan ketelitian. Pelajari apa yang membedakan onderdil atau aksesori original dengan yang tiruan agar tak mudah tertipu.  

Jangan asal percaya dengan iklan-iklan di internet yang mengklaim onderdil atau aksesori yang dijualnya asli orisinal. Lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan montir kepercayaan sebelum melakukan transaksi. 

  1. Tepat memilih bengkel

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memasang aksesori yang sudah dibelanjakan. Memasang aksesori memang bisa dilakukan sendiri asal Anda punya waktu luang. Cari alternatif lain jika Anda tak memiliki waktu. Misalnya dengan membawanya ke bengkel. 

Pilihlah bengkel yang tepat. Tidak semua bengkel dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Ada juga lho beberapa bengkel yang suka jahil menukar onderdil kalian dengan onderdil lain atau bekas. 

Hasil modifikasi Vespa yang Anda terima tidak akan maksimal jika hal itu terjadi.  

  1. Cek secara berkala Vespa jika ditinggalkan di bengkel

Bengkel biasanya butuh waktu lama untuk menyulap Vespa Anda biar kembali orisinal. Kendaraan kesayangan Anda bisa saja menginap berhari-hari di bengkel.

Anda pun disarankan untuk sering-sering mengecek kendaraan jika ditinggal lama. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui proses modifikasi dan menghindari montir menukar aksesori Anda dengan aksesori lain.

Berkunjung ke bengkel juga punya manfaat lain. Anda jadi bisa lebih kenal dengan montir atau pemilik bengkel. Kedekatan ini bisa menumbuhkan sikap saling percaya. Vespa Anda pun bisa disulap oleh bengkel dengan lebih baik.

Keuntungan lain bila punya kedekatan dengan bengkel Vespa adalah Anda bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar kendaraan kesayangan Anda.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan sebelum memodifikasi Vespa. Anda bisa mengecek artikel lain seputar modifikasi motor untuk mendapatkan ide-ide asli lainnya.