Unik, Kreasi Benda-benda Fungsional dari Daur Ulang Palet Kayu
Selasa, 3 November 2020
read page
Penulis : Anissa Dea Widiarini Editor : Sri Noviyanti

Palet kayu biasanya digunakan perusahaan logistik, eksportir, dan berbagai industri lain sebagai alas atau media untuk mengangkat dan membawa barang-barang yang akan dikirim agar posisinya stabil selama perjalanan.

Palet-palet kayu bekas biasanya akan dibiarkan begitu saja ketika selesai digunakan. Palet-palet itu sebenarnya bisa didaur ulang atau dimanfaatkan kembali menjadi benda-benda fungsional.

Benda-benda yang dihasilkan pun tidak hanya bermanfaat tetapi juga tahan lama karena palet terbuat dari kayu asli. Berikut adalah tiga benda-benda fungsional yang bisa dibuat dari palet-palet kayu bekas.

Dipan untuk kasur

Membuat dipan dari palet kayu bekas tidak memerlukan keterampilan khusus. Anda cukup menyusun palet kayu sedemikian rupa hingga membentuk permukaan datar seperti ranjang tempat tidur.

Dipan dari palet kayu bekas bisa dicat dengan warna favorit agar lebih menarik. Cukup lapisi dipan dengan pelitur kalau Anda menyukai aksen kayu natural.

Coffee table

Cara membuat coffee table dari palet kayu bekas juga cukup mudah seperti membuat dipan. Palet-palet kayu bekas cukup disusun bertumpuk hingga membentuk sebuah meja.

Ketinggiannya pun bisa dibuat sesuai kebutuhan. Tinggal tambahkan beberapa lapis palet ke tumpukan sebelumnya jika coffee table dirasa terlalu rendah.

Lapisi bagian atas coffee table dengan kaca untuk menyiasati celah atau permukaan yang tidak rata pada palet kayu pembuatnya. Coffee table seperti ini cocok buat menghias ruangan dengan tema industrial atau rustik.

Gantungan dinding serbaguna

Benda fungsional lain yang bisa dibuat dari palet kayu bekas adalah gantungan dinding. Cara membuat benda ini tidaklah sulit.

Potong palet kayu bekas dan bentuk sedemikian rupa sesuai kreasi, kemudian pasang aksesori berbentuk gantungan pada salah satu permukaannya.

Gantungan dinding serbaguna itu bisa diletakkan di mana saja, seperti di kamar mandi sebagai gantungan handuk, di dekat pintu masuk rumah sebagai tempat menggantung kunci-kunci, atau di garasi sebagai tempat menggantung perkakas.

Itu dia beragam kreasi unik dan fungsional dari palet kayu bekas. Simpel dan keren, kan? Anda yang gemar berkreasi juga bisa mencobanya sendiri.