Selain Gula Aren, Cobain Kopi dengan Rempah Asli Indonesia yang Rasanya Unik
Rabu, 21 Oktober 2020
read page
Penulis : Hisnudita Hagiworo Editor : Sri Noviyanti

Kopi kekinian menggunakan gula aren sebagai pemanis alami bermunculan dalam satu tahun terakhir. Perpaduan kopi dan gula aren menciptakan cita rasa yang berbeda. Jenis sajian kopi ini pun disukai banyak orang.

Kreasi sajian kopi dengan campuran bahan asli Indonesia sebenarnya tidak sebatas pada gula aren. Jika suka bereksperimen, Anda bisa menambahkan rempah asli Indonesia saat meracik kopi. Beberapa rempah yang biasa ditemukan untuk bumbu masakan ternyata cocok diseduh bersama kopi.

Rasa yang unik akan Anda dapatkan saat menambahkan beberapa rempah tersebut. Berikut beberapa rempah yang bisa Anda kreasikan bersama kopi .

  1. Jahe
    Jahe dapat menjadi campuran tepat untuk seduhan kopi. Anda bisa menambahkan rebusan air yang telah dicampur irisan jahe 5 cm yang telah dimemarkan.

    Saring air rebusan tersebut dan campurkan ke dalam kopi yang sudah diseduh sebelumnya. Rasa hangat dari jahe pun akan memberikan cita rasa unik pada kopi Anda.
  2. Kunyit
    Campuran kunyit dan kopi ternyata sudah menjadi tren beberapa tahun lalu. Turmeric Latte menjadi minuman yang laris dan jadi andalan beberapa kedai kopi dan kafe di Inggris. Efek hangat dan melegakan tenggorokan dari kunyit jadi daya tarik kopi ini.
  3. Cengkih
    Mungkin beberapa dari Anda belum pernah tahu bahwa ada kopi yang diseduh bersama cengkih. Bumbu dapur satu ini dapat memberi aroma yang unik dan khas pada kopi. Anda akan merasakan sensasi hangat dan cita rasa yang istimewa saat menyesap kopi cengkih.
  4. Kayu manis
    Tambahan kayu manis pada seduhan kopi bukan merupakan hal baru. Tidak sedikit barista di kedai kopi menambahkan kayu manis untuk meningkatkan cita rasa secangkir kopi. Baik kayu manis yang sudah jadi bubuk atau yang masih berbentuk batang bisa memberikan aroma yang khas pada kopi.

Campuran kopi dengan rempah asli Indonesia tadi bisa Anda praktikkan di rumah. Resep seduhan kopi tersebut juga bisa membantu menghangatkan tubuh, terlebih sekarang sedang memasuki musim hujan. Anda juga bisa bereksperimen dengan rempah lain yang mungkin akan menghasilkan rasa kopi yang unik dan berbeda.