Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia Punya Ragam Sajian Kopi Nikmat
Senin, 5 Oktober 2020
read page
Penulis : Hotria Mariana Editor : Sri Noviyanti

Terletak di garis khatulistiwa menjadikan tanah Indonesia begitu subur. Enggak heran, Bumi Pertiwi punya berbagai hasil alam yang laris-manis di pasar internasional. Salah satunya, kopi.

Omong-omong soal kopi, Indonesia enggak hanya mampu menghasilkan biji kopi berkualitas, tapi juga punya racikan kopi nikmat yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Berikut beberapa contoh sajian kopi nikmat asli Indonesia.

Kopi Sanger

Sebagai salah satu daerah penghasil kopi, tentunya Aceh punya sajian kopi andalan, yaitu kopi sanger.

Kopi sanger sekilas mirip dengan kopi susu pada umumnya. Akan tetapi, jika menengok cara pembuatannya, kopi sanger ternyata bukan sekadar kopi susu biasa.

Meracik kopi sanger enggak bisa dilakukan sembarangan. Mulai dari pemilihan jenis kopi yang digunakan hingga proses pembuatannya mesti presisi.

Jenis kopi yang digunakan harus kopi asli Aceh alias kopi Gayo. Komposisi antara kopi dan susu juga mesti pas agar cita rasa kopi lebih terasa, yakni 3 : 1.

Selain jenis kopi dan komposisi bahan, keunikan kopi sanger lainnya terlihat dari proses pencampuran seduhan kopi dan susu kental manis yang menggunakan cara ditarik. Metode ini menjadikan kopi sanger kerap dijuluki dengan kopi tarik.

Sebelum ditarik, kopi mesti disaring terlebih dahulu agar ampasnya tidak terbawa. Proses penyaringannya pun dilakukan manual, bukan dengan mesin kopi, apalagi espresso.

Kopi Talua

Kopi Talua merupakan sajian kopi khas Sumatera Barat. Minuman ini terdiri dari seduhan kopi hitam, kuning telur yang dikocok bersama kayu manis hingga berbusa, kemudian dilengkapi dengan susu kental manis.

Meski menggunakan telur, kopi talua sama sekali enggak menimbulkan bau amis khas telur saat dihidangkan. Ini dikarenakan air panas seduhan kopi mematangkan telur saat dikocok. Sebaliknya, penggunaan telur justru memperkaya cita rasa minuman tersebut.

Selain menawarkan kenikmatan, kopi talua dipercaya punya khasiat menambah vitalitas para penikmatnya. Enggak heran, di tempat asalnya, minuman ini begitu digemari. Hampir setiap rumah makan di Tanah Minang menyajikan kopi talua.

Kopi Tubruk

Kopi tubruk merujuk pada cara menyeduh kopi langsung dengan air panas di dalam gelas atau teko, tanpa gula dan tanpa proses penyaringan ampas. Beberapa sumber menyebutkan, metode ini merupakan cara terbaik menikmati cita rasa kopi.

Cara penyajiannya yang begitu praktis membuat kopi tubruk jadi jenis sajian kopi favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama di Jawa dan Bali.

Robusta dan arabika merupakan jenis kopi yang paling sering digunakan saat menyajikan kopi tubruk. Alasannya, kedua jenis kopi tersebut dinilai memiliki rasa, aroma, dan kekentalan yang khas.

Misalnya saja, kopi arabika. Jenis kopi ini punya rasa lebih kompleks, mulai fruity, caramel, hingga coklat. Sementara itu, robusta memiliki karakter yang kental dengan rasa cenderung lebih pahit.

Kopi Joss

Enggak mau ketinggalan, Yogyakarta juga punya sajian kopi nikmat nan nyentrik, yaitu kopi joss. Keunikan minuman ini terlihat dari penambahan arang hitam membara yang dimasukkan ke dalam kopi saat hendak disajikan. Kata joss sendiri merujuk pada suara yang ditimbulkan dari proses tersebut.

Kopi joss umumnya dijual di angkringan dan dibanderol dengan harga amat murah. Namun, lo mesti ekstra sabar dan hati-hati saat menikmati sajian kopi ini. Sebaiknya, jangan buru-buru menyeruput karena kopi joss biasanya disajikan dalam suhu amat panas.

Kopi Rarobang

Meski bukan daerah penghasil kopi, Ambon punya racikan kopi khas bernama kopi rarobang dan sudah terkenal di kalangan turis mancanegara.

Kopi rarobang terdiri dari aneka rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan madu yang direbus bersama bubuk kopi jenis arabika.
Penggunaan rempah-rempah tersebut menjadikan kopi rarobang bercita rasa hangat dan beraroma unik. Sebagai pelengkap, kopi nantinya diberi sedikit taburan biji kenari saat hendak disajikan.

Enggak seperti sajian kopi lainnya, kopi rarobang sulit ditemukan di luar kota tersebut. Jadi, kalau penasaran dengan cita rasanya, Anda memang harus berkunjung ke Ambon.

Nah, itulah lima dari sekian banyak racikan kopi nikmat yang ada di Indonesia. Semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi dan inspirasi, khususnya buat Anda yang lagi keranjingan mencoba beragam cita rasa kopi.

Yuk cari tahu tips dan informasi mengenai kopi lewat artikel lainnya.