Dari Alat Musik sampai Sepeda, Ini Ragam Kreasi Berbahan Kayu Asli Indonesia
Senin, 5 Oktober 2020
read page
Penulis : Aditya Mulyawan Editor : Sri Noviyanti

Sebagai negara tropis yang kaya akan hutan, Indonesia menjadi rumah bagi kayu-kayu berkualitas tinggi. Sebut saja kayu jati, sonokeling, cendana, albasia, dan lain sebagainya. Hal itu membuat kayu menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia.

Enggak cuma jadi komoditas ekspor, kayu juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai produk. Umumnya, kayu diolah menjadi furnitur dan bagian dari bangunan, seperti jendela dan pintu.

Seiring berjalannya waktu, produk dari bahan baku kayu makin beragam. Di tangan individu-individu kreatif, kayu dapat disulap menjadi kreasi unik. Berikut adalah produk-produk unik berbahan dasar kayu yang wajib Anda lirik.

1. Sepeda

Biasanya bodi atau frame sepeda terbuat dari besi atau aluminium. Namun, sekelompok pengusaha dari Depok, Jawa Barat, punya ide lain. Mereka menciptakan sepeda dengan frame berbahan kayu.

Satu hal yang berbeda adalah kayu yang dipakai berasal dari limbah pohon karet. Selain ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah, sepeda ber-frame kayu karet juga awet dan tahan lama. Sebab, kayu karet memiliki daya elastisitas yang tinggi ketimbang jenis kayu lainnya.

2. Radio

Percaya atau enggak, kayu juga bisa disulap menjadi sebuah radio. Meski terkesan jadul, radio berbahan kayu ternyata masih banyak peminat. Di Eropa misalnya, kreasi radio kayu laku keras dan bisa dibanderol dengan harga setara jutaan rupiah setiap unitnya.

Salah satu keunikan radio kayu adalah resonansi suara yang lebih baik ketimbang radio nonkayu. Selain itu, radio kayu juga memiliki nilai estetika dan antik sehingga kerap dijadikan pajangan di berbagai sudut ruangan.

3. Tatakan gelas

Kreasi unik lain yang dapat dibuat dengan kayu adalah tatakan gelas. Meski terkesan sepele, tatakan gelas dari kayu ternyata bisa menjaga kebersihan meja dari tetesan atau tumpahan minuman.

Enggak hanya fungsional, tatakan gelas dari kayu punya estetika unik yang memancarkan aura klasik. Maka dari itu, produk ini kerap menjadi pemanis di berbagai kafe dan restoran, terutama yang mengusung tema vintage atau rustic.

4. Gitar

Kayu memiliki sifat akustik yang mampu menghasilkan gelombang suara atau bunyi-bunyian. Maka dari itu, kayu banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuat alat musik, seperti gitar.

Penggunaan kayu biasanya diaplikasikan di berbagai komponen gitar, mulai dari bodi, leher (neck), hingga fretboard

Pada gitar, penggunaan jenis kayu yang berbeda akan menghasilkan karakter suara yang berbeda pula. Misal saja, kayu sonokeling memiliki karakter suara hangat dan volume yang lebih besar. Sementara, kayu mahoni memiliki karakter suara yang dalam, terkontrol, dan stabil.

Itulah sederet kreasi unik yang bisa dibuat dari kayu. Keren kan? Anda bisa menemukan inspirasi menarik lewat artikel yang lain.