Dari Cireng sampai Onde-onde Bisa Jadi Makanan Nikmat Kekinian untuk Teman Ngopi
Jumat, 2 Oktober 2020
read page
Penulis : Hisnudita Hagiworo Editor : Sri Noviyanti

Menyesap secangkir kopi berkualitas ditemani camilan memang paling nikmat. Bagi masyarakat Indonesia, camilan yang paling pas jadi teman ngopi biasanya adalah pisang goreng, singkong goreng, dan roti bakar.

Pilihan lainnya ada cookies dan cake. Biar beda, sesekali cobain deh camilan khas Indonesia yang sudah dimodifikasi jadi snack kekinian. Berikut di antaranya.

Cireng 

Olahan makanan dari tepung tapioka yang digoreng ini memiliki rasa yang disukai semua kalangan. Tak hanya orangtua, anak muda juga menyukai makanan dengan cita rasa gurih tersebut.

Jika biasanya cireng disajikan begitu saja, modifikasi dari camilan satu ini ada pada bumbunya. Cireng kekinian diberi tambahan saus cocol rujak. Orang banyak menyebutnya rujak cireng.

Siapa yang sangka, saus cocol pedas manis yang biasanya jadi pendamping buah-buahan itu juga cocok begitu disajikan berdampingan dengan cireng.

Modifikasi lainnya adalah bumbu taburan. Bagi yang tidak doyan pedas, cireng bisa dinikmati dengan taburan rasa rumput laut, dan telur asin.

Onde-onde 

Camilan selanjutnya adalah onde-onde. Makanan yang terkenal sejak zaman Majapahit ini, sebenarnya berasal dari Tiongkok. 

Para pedagang Tiongkok membawa onde-onde ke Nusantara pada sekitar tahun 1300-1500 Masehi. Saat itu, isiannya hanya pasta gula merah.

Seiring waktu, orang Indonesia memodifikasi isinya dengan tambahan kacang hijau. Cita rasa yang tadinya manis menjadi gurih sehingga dianggap cocok dengan lidah orang Indonesia.

Sejak itulah, makanan ini menjadi salah satu makanan yang disukai masyarakat Indonesia saat itu dan menjelma sebagai camilan asli Indonesia.

Saat ini, onde-onde banyak dikreasikan dengan isi bervariasi mulai dari cokelat, matcha, ubi ungu, hingga telur asin. 

Kue putu 
Sudah tahu kalau kue putu merupakan singkatan dari pedagang umum tenaga uap? 

Para pedagang kue ini menjajakan dagangannya dengan suara khas uap yang keluar dari alat suitan. 

Makanan yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula jawa serta taburan parutan kelapa tersebut juga menjadi makanan asli Indonesia yang bisa diolah menjadi kue kekinian. 

Beberapa toko kue dan kafe pun menjadikan putu sebagai inspirasi membuat kue, seperti roll cake dan waffle. Ada juga lho yang mengkreasikan putu dengan cita rasa moka.

Sedikit sentuhan kreativitas bisa membuat tiga camilan asli Indonesia tadi bisa dinikmati siapa saja dan tidak lagi terkesan ketinggalan zaman.

Sebetulnya tak hanya makanan, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dikreasikan. Temukan inspirasi menarik lewat artikel lainnya.